Rabu, 07 November 2012

Leopard 2 Revolution ( aset baru TNI AD )

Leopard 2 Revolution adalah paket upgrade modular Leopard 2A4 yang ditawarkan oleh Reinmetall (Jerman). Tank ini pertama kali diperkenalkan pada 2010, dikenal juga dengan sebutan Leopard 2A4 Evolution. Leopard 2A4 merupakan versi Leopard 2 yang paling banyak penggunanya sehingga prospek pasar untuk proyek peningkatan kemampuan tank ini dianggap cukup cera
h.

Leopard 2 Revolution diperlengkapi khusus untuk menghadapi pertempuran di perkotaan dan konflik intensitas rendah, ini berbeda dengan pendahulunya, Leopard 2A4 yang lahir pada masa perang dingin dan dirancang untuk perang tank didataran terbuka.

Tank ini sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung modular yang dapat memberikan perlindungan dari serangan RPG dan bom rakitan (IED), selain itu juga dilengkapi dengan pelindung ranjau. Lapisan pelindungnya yang modular dapat dengan mudah diganti dilapangan.
Leopard 2 Revolution memiliki berat 60 ton, lebih berat dibanding Leopard 2A4, yang seberat 57 ton.

Leopard 2 Revolution mempertahankan meriam L44 120mm milik Leopard 2A4, meriam tersebut dapat menggunakan seluruh munisi 120mm standar NATO. Total 42 buah munisi 120mm dapat dibawa, 15 buah disimpan didalam kubah dan siap untuk digunakan, sisanya disimpan didalam lambung tank. Selain itu tank ini juga dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 50 (12,7mm) yang dikendalikan melaui remote control, dan senapan mesin 7,62mm yang letaknya sejajar dengan meriam utama.

Sama seperti Leopard 2A4, tank ini memiliki 4 orang kru ( komandan tank, gunner, loader, dan driver ), dan ditenagai oleh mesin diesel MTU MB-837 Ka501 turbocharged dengan 1500 horsepower.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar